Headlines News :
Home » » Adab Sebelum Berangkat Haji

Adab Sebelum Berangkat Haji

Written By Unknown on Selasa, 25 Oktober 2011 | 02.44


I. Adab Sebelum Berangkat Haji

1. Sebaiknya bermusyawarah dengan orang yang terpercaya keagamaannya, kebaikannya dan ilmunya sebelum berangkat haji.
Musyawarah ini dimaksudkan untuk meminta nasehat tentang baik dan buruknya waktu menunaikan ibadah haji pada saat yang diinginkannya. (bukan baik buruknya menunaikan ibadah haji)
2. Sholat Istikhoroh
Setelah bermusyawarah, alangkah baiknya mohon petunjuk kepada Allah SWT tentang waktu yang telah dipilihnya untuk menunaikan ibadah haji tersebut.
Maka sholat istikhorohlah 2 rekaat, dalam rekaat pertama setelah Fatihah
Bacalah surat Alkaafiruun dan dalam rekaat kedua bacalah surat Alikhlash
Bacalah do’a ini setelah sholat istikhoroh:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أََسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِك وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلََمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ ذَهََابِي اِلَى الْحَجِّ فِيْ هَذَا الْعَامِ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،اَللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِِّنِيْ بِهِ
Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa kepergianku untuk berhaji di tahun ini baik untukku dalam agamaku, duniaku, kehidupanku dan akibatnya terhadap diriku di dunia atau akhirat maka sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Ya Allah akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa hal ini tidaj baik (berbahaya) bagiku dalam agamaku, duniaku, kehidupanku dan akibatnya kepada diriku di dunia dan akherat maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”
Ulangilah sholat tersebut sehingga hatinya lapang dan mantab
3. Kalau sudah mantab hatinya, maka hal-hal yang harus dilalukan ialah :
    1. Mulailah untuk bertobat dari segala maksiat dan dari segala yang di benci oleh agama.
    2. Keluar / Menjauhlah dari segala bentuk pendholiman kepada ciptaan Allah.
    3. Bayarlah semua hutang yang mungkin untuk segera dibayar.
    4. Menyerahkan kembali segala amanat yang diberikan orang kepadanya.
    5. Minta dihalalkan segala sesuatunya kepada semua sahabat-sahabatnya serta orang-orang yang ada hubungan muamalah dengannya.
    6. Mewakilkan hutang-hutangnya yang belum terbayar pada keluarganya atau orang yang dipercayainya selama dia melalukan perjalanan haji. Sebaiknya ada saksi dalam hal ini.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aiva Putra Anugrah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger