Headlines News :
Home » » Memulai Perjalanan Haji

Memulai Perjalanan Haji

Written By Unknown on Selasa, 25 Oktober 2011 | 02.51


Memulai Perjalanan Haji

11.
Mencari kawan seperjalanan yang gemar dan selalu berbuat kebajikan dan membenci kemungkaran. Yaitu kawan yang akan mengingatkannya tatkala dia lupa dan akan membantunya dalam berbuat kebajikan. Disunnahkan untuk selalu mencari ridho kawannya selama perjalanan , saling menjaga dan saling menghormati serta bersabar atas sikap kawan yang kurang berkenan. Kalau sampai terjadi pertengkaran yang tidak bisa dihindari diantara sesama kawan dan sulit untuk didamaikan, maka disunnahkan untuk cepat-cepat memisahkan diri dari kawan tersebut supaya tidak berlarut-larut masalahnya sehingga ibadah hajinya keduanya selamat dari hal-hal yang menjauhkannya dari diterima oleh Allah SWT.
12.
Disunnahkan tidak melakukan ibadah haji sambil berdagang supaya hatinya bisa terfokus pada ibadah haji saja. Walaupun demikian perdagangan tersebut tidak berpengaruh pada sah dan tidaknya ibadah haji.
13.
Disunahkan untuk berangkat haji di hari Kamis, kalau tidak bisa hari Kamis maka dihari Senin seperti hari hijrahnya Rosululloh SAW. Waktu yang disunahkan ialah waktu pagi hari.
14.
Jika akan keluar dari rumahnya, maka disunnahkan sholat sunnah 2 rekaat, di rekaat pertama setelah AlFatihah membaca Surat Al Kaafirun dan direkaat kedua membaca Surat Al Ikhlash. Disebutkan dalam suatu riwayat bahwa setelah Fatihah rekaat pertama membaca S. Quraish, S. Al Kafirun dan S. AlFalaq dan direkaat kedua membaca S. AlIkhlash dan S. Annas.
Sehabis sholat hendaklah membaca Ayat kursi dan Surat Quraish kemudian berdo’alah dengan ikhlash dan khusyu’ supaya dimudahkan semua urusan dunia akherat dan mohon pertolongan serta taufiq Allah selama dalam perjalanan dan untuk semua urusannya.
Tatkala bangun dari duduknya maka bacalah do’a ini:
اَللّهُمَّ اِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ وَبِكَ اِعْتَصََمْتُ اَللّهُمَّ اَكْفِنِي مَا اَهَمَّنِي وَمَا لَمْ اَهْتَمَّ بِهِ اَللّهُمَّ زَوِّدْنِي التَقْوَى وَاغْفِرْلِي ذَنْبِي
Ya Allah hanya kepadaMU lah aku menghadapkan wajahku dan hanya kepadaMU lah aku berpegang teguh (berlindung). Ya Allah cukupkanlah bagiku perkara yang menyusahkanku dan yang tidak menyusahkanku. Ya Allah bekalilah aku dengan ketaqwaan dan ampunilah dosaku.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aiva Putra Anugrah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger